Pembangunan Jalan Tol Yogya - Bawen

Pembangunan Jalan Tol Yogya - Bawen

Pembangunan Jalan tol yang ditargetkan selesai tahun 2024, nanti nya akan melewati dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Jalan tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Semarang – Solo. Dengan terhubungnya jalan tol ini, maka akan menambah akses pendukung kelancaran lalu lintas menuju tiga bandar udara sekaligus, yaitu Bandar Udara New Yogyakarta International Airport di Kulonprogo Yogyakarta, Bandar UdaraAhmad Yani di Semarang dan Bandar Udara Adi Soemarno di Solo. Pembangunan jalan tol ini dilaksanakan oleh PTJasamarga Jogja Bawen (JJB) selaku Badan Usaha Jalan Tol yang dibentuk olehkonsorsium pemenang lelang.

Progress Pembangunan Jalan Tol Semarang - Bawen

Proses konstruksi jalan Tol Jogja-Bawen Seksi 1 yang meliputi wilayah Kalurahan Tirtoadi hingga Kalurahan Banyurejo diKabupaten Sleman, sepanjang 8,25 kilometer. Pembangunan jalan Tol Jogja-Bawen seksi 1 ini melintas bersebelahan dengan saluran irigasi selokan mataram di Kabupaten Sleman. Ruas tol ini akan dibangun dalam 6 seksi jalan,antara lain Seksi 1 Jogja-Banyurejo sejauh 8,25 Kilometer, Seksi 2 Banyurejo-Borobudur sepanjang 15,26 Kilometer, Seksi 3 Borobudur-Magelang 8,08 Kilometer. Kemudian Seksi 4 Magelang-Temanggung 16,64 Kilometer, Seksi 5 Temanggung-Ambarawa 22,56 Kilometer, dan Seksi 6 Ambarawa-Bawen 5,21 Kilometer.

Dalam pembangunannya TolYogyakarta-Bawen memiliki enam simpang susun (SS), yaitu SS Bawen, SS Ambarawa,SS Temanggung, SS Magelang, SS Borobudur, dan SS Banyurejo. Tol ini juga akandilengkapi dengan enam buah tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest areaterdiri dari dua buah tipe A dan empat tipe B.

Pembangunan jalan tol ini juga akan memperkuat posisi Yogyakarta dalam industri khususnya pariwisata yang sedang tumbuh danberkembang dengan baik, sehingga akan meningkatkan peran Yogyakarta sebagaidaerah untuk perkembangan ekonomi di Pulau Jawa bagian Selatan.

Recent Articles