Please reload

Recent Posts

6 Bulan, 6 Kecelakaan Konstruksi Proyek Infrastruktur

8 Feb 2018

 

Underpass Bandara Soekarno Hatta mengalami longsor pada Senin, 5 Februari 2017 sore. Dua orang menjadi korban, yang salah satunya meninggal dunia usai dievakuasi dari lokasi kejadian.

Longsoran tersebut berada di bawah jalur rel Kereta Bandara Soekarno Hatta yang belum lama ini resmi beroperasi.

 

Insiden ini menambah deretan kecelakaan konstruksi yang telah berlangsung dalam 6 bulan terakhir sejak 2017 lalu.

 

Insiden kecelakaan kerja melanda proyek konstruksi, tersebar di beberapa lokasi. Proyek tersebut antara lain light rail transit (LRT), rel ganda, proyek tol dan lainnya.

Berikut beberapa kecelakaan kerja di proyek infrastruktur yang terjadi dalam 6 bulan terakhir dirangkum:

 

1. Beton Jatuh di Proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi 

Satu pekerja bangunan tewas akibat tertimpa runtuhan cor beton badan jembatan yang sedang dibangun. Sedangkan dua pekerja lainnya luka berat.

 

Peristiwa tersebut terjadi di lokasi proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) tepatnya di Kampung Tenggek RT 04/01, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jumat (22/9/2017) pukul 17.30 WIB.

 

Saat itu, para pekerja dari PT Waskita selaku kontraktor proyek Tol Bocimi sedang memasang jembatan penyeberangan orang dari beton berukuran sekitar 1,5x50 meter.

Tiba-tiba badan jembatan berupa cor beton runtuh dan menimpa Maman (25) warga Ciledug, Tangerang, dan Saripudin (35) warga Kuningan, Jawa Barat, serta Darwin (30).

 

Diduga jembatan tersebut runtuh karena pada saat pelepasan selink crane, belum sepenuhnya terpasang pengunci sehingga badan jembatan terjatuh dan menimpa tiga pekerja yang ada di bawah.

 

2. Girder Ambruk di Proyek Tol Pasuruan-Probolinggo, Jawa Timur

Girder atau jembatan beton di proyek tol Pasuruan-Probolinggodi Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur ambruk pada Minggu, 29 Oktober 2017 sekitar pukul 09.30 WIB. 

 

Insiden ini  menimbulkan korban. Seorang meninggal dunia, sedangkan dua pekerja terluka.

 

3. Konstruksi LRT Jatuh di Kayu Putih 

Konstruksi proyek Light Rapid Transit (LRT) di daerah Kayuputih, Pulo Gadung, Jakarta Timur jatuh pada Senin (22/1/2018) dini hari.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dalam akun Twitter-nya mengungkap, insiden tersebut mengakibatkan lima orang terluka.

 

Jalur LRT yang roboh merupakan bagian dari penghubung Kelapa Gading-Velodrome yang rencananya digunakan sebagai persiapan menghadapi penyelenggaraan Asian Games tahun ini.

Proyek transportasi massal yang menghabiskan anggaran Rp 57 miliar itu sudah mulai dikerjakan sejak pertengahan 2016.

 

4. Ambruknya Balok Girder Tol Depok-Antasari

Sejumlah balok girder atau bantalan Tol Depok-Antasari (Desari) di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan ambruk pada Selasa 2 Januari 2018. Enam balok girder yang telah terpasang itu patah dan ambruk ke tanah sekitar pukul 10.00 WIB.

 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Dugaan sementara, bantalan tol tersebut ambruk setelah tersenggol eskavator yang tengah beraktivitas di bawahnya. Akibatnya, girder patah dan jatuh menimpa dump truk di bawahnya.

 

5. Crane Jatuh pada Proyek Rel Ganda di Jatinegara

Insiden crane jatuh terjadi pada proyek double-double track (DDT) di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu, 4 Februari 2018 pukul 05.00 wib. Ironisnya, empat pekerja tewas dalam peristiwa ini.

 

Saat itu para pekerja tengah mengangkat bantalan rel menggunakan crane. Namun saat bantalan rel sudah berada di atas, diduga dudukannya tidak pas sehingga jatuh.

Iwan Zarkasi dari Komisi Keselamatan Konstruksi (KSK) mengungkapkan, pihaknya masih melakukan observasi secara menyeluruh terkait kecelakaan kerja dalam proyek double-double track (DDT) Jatinegara.

 

6. Longsor di Underpass Bandara Soekarno Hatta

Hujan deras yang mengguyur daerah Tangerang membuat tanah longsor di Jalan Parimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta. Longsoran tersebut berada di bawah jalur rel kereta Bandara, Senin (5/2/2018).

 

Longsor terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Tiba-tiba saja tanah yang berada di underpass Parimeter Selatan longsor menutupi badan jalan. Sebuah mobil dan dua penumpangnya dikabarkan tertimpa material longsoran.

 

Kemacetan panjang di Jalan Perimeter Selatan dari arah Tangerang (M1) dan sebaliknya pun tidak bisa dihindari. Kepolisian masih mengatur lalu lintas agar tidak ada yang nekat melintas ataupun mendekat.

 

Ketika dikonfirmasi, Vice President of Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano membenarkan kejadian tersebut.

"Kami sedang memastikan apakah yang longsor tersebut adalah tanah yang berada di sisi underpass atau betonnya," kata Yado.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us