Please reload

Recent Posts

Jokowi minta BMKG Tegas ke PEMDA soal Lokasi Infrastruktur

24 Jul 2019

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para jajaran Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bertindak tegas mengenai lokasi yang berpotensi bahaya jika nantinya akan dibangun infrastruktur.

 

Foto: Hendra Kusuma

 

Salah satu yang dilakukan pihak BMKG, kata Jokowi adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah daerah (PEMDA). Supaya, dalam setiap pembangunan infrastruktur yang besar bisa mengacu dengan peta BMKG.

 

“Tolong beritahukan apa adanya. Supaya setiap pembangunan juga mengacu,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

 

Jokowi ingin supaya BMKG aktif dalam menyampaikan daerah mengenai lokasi di daerahnya mengenai potensi gempa, rawan banjir dan lainnya pada pemerintah daerah.

 

“Jangan dibangun bandara, jangan dibangun bendungan, jangan dibangun perumahan. Tgas, tegas sampaikan,” ujar dia.

 

Permintaan Jokowi terhadap BMKG karena dirinya tidak ingin mengulangi kesalahan yang sudah terjadi sebelumnya.

 

“Sampaikan apa adanya. Bahwa ini tidak boleh, ini lokasi merah. Harus menyampikan itu. Kepada pemerintah daerah baik kepada gubernur dan wali kota,” Ungkap dia.

 

Bukan hanya itu, Mantan Wali Kota Solo ini juga meminta kepada pihak BMKG untuk gencar mensosialisasikan informasi seputar BMKG kepada masyarakat, mulai dari SD, SMP, SMA,

Perguruan Tinggi, hingga Seluruh Masyarakat Indonesia.

 

Tujuannya supaya masyarakat terbiasa menerima informasi mengenai potensi bencana alam yang ada di Indonesia. Informasi disampaikan bukan untuk meresahkan masyarakat, namun sebagai kebutuhan yang penting bagi masyarakat.

 

Sumber : finance.detik.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us