Please reload

Recent Posts

Menghitung Kebutuhan Genset Rumah Tangga

22 Oct 2018

Kami akan uraikan terlebih dahulu tentang genset. Genset adalah sebuah generator yang bekerja untuk menghasilkan aliran daya listrik yang dalam penyebutannya dalam Volt Ampere. Genset rumah tangga terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu; genset standby dan genset portable. Genset jenis standby akan beroperasi secara automatis saat daya listrik PLN padam, mesin genset ini akan ON dengan sistem automatic starter dan digerakkan oleh 2 macam sumber tenaga, bbm dan gas.

Untuk sistem sumber tenaga gas harganya relatif lebih mahal. Genset standby biasanya suara kebisingan lebih teredukasi sehingga tidak menimbulkan suara yang mengganggu. Genset type standby biasanya tersedia dalam ukuran mulai dari 2.000VA (1.000VA=1KVA). Jenis yang kedua adalah genset portable pada genset type ini terdiri dari 2 macam, yaitu; sistem conventional yaitu dengan sistem AVR (auto voltage regulator) dan sistem inverter dengan sistem PWM (pulse width modulation) genset type ini lebih stabil dan harganya relatif lebih mahal dari pada sistem conventional.

 

Genset portable mempunyai 2 sistem pengoperasiannya, ada yang sistem recoil atau sistem engkol dan sistem automatic starter. Bisanya menggunakan sistem automatic starter tersedia mulai dari 2.000VA (2KVA). Mari kita masuk pada cara menghitung kebutuhan listrik saat listrik PLN padam dan berapa kapasitas genset yang cocok dibeli untuk rumah anda.

 

Menghitung kebutuhan daya listrik cadangan, sebaiknya anda lebih arif dalam menentukan bagian-bagian mana yang perlu dialiri listrik jika terjadi pemadaman listrik PLN. Yaa tentu dihitung pada hal-hal yang lebih penting karena akan berakibat pada kebutuhan genset yang besar dan secara operasional juga boros bbm juga dari harga pembelian unit genset juga akan lebih mahal jika kapasitas yang anda inginkan besar.

 

Oke misal saja ni.. kebutuhannya untuk lampu penerangan, pompa air, kulkas, magicom dan computer serta televisi, total watt yang dibutuhkan 900Watt, kemudian kalikan 2 (dua) kebutuhan tersebut maka hasilnya 1.800Watt atau 1,8KW (KW=Kilo Watt), KW adalah perhitungan daya listrik oleh PLN.

 

Menghitung kebutuhan genset, berapa kapasitas KVA (Kilo Volt Ampere) yang sebaiknya kita beli dan rumusnya perhitunganya adalah KVA=KW/0,8 angka 0,8 adalah nilai konversi yang menjadi aturan bersama dalam merubah dari KW ke KVA. Jika rumus tersebut kita masukkan dan sebelumnya diatas telah diketahui 1.800watt sama dengan 1,8KW, sehingga (KW)/ dibagi 0,8 maka hasilnya KVA=2,25.

 

Kapasitas genset yang mendekati dengan akan tersebut adalah genset 2,5KVA atau 3KVA, simbol KVA adalah perhitungan kapasitas yang digunakan dalam setiap genset. Kapasitas genset yang ada dipasaran adalah mulai dari 450VA, 900VA, 2000VA=2KVA, 2,5KVA, 5KVA dan lain-lain.

 

Kebutuhan bbm untuk mengoperasikan genset. Genset digerakkan oleh sumber tenaga bbm bensin, solar dan gas. Kami coba memberikan ilustrasi hitungan dengan sumber tenaga bbm solar, konsumsi bbm solar menggunakan angka ketetapan teknik mesin 0,21, angka tersebut menjadi acuan hitungan mesin genset penggerak bbm solar per kilowatt per jam.

 

Rumus penggunaan bbm adalah =0,21x(KVAxJam) yuuk kita masukkan jika contoh diatas yang anda beli adalah misal genset 2KVA (2.000VA) dan masa pengoperasian genset adalah 1jam maka 0,21 x (2KVAx1jam) dan hasilnya kebutuhan bbm nya =0,42Liter per jamnya. Semakin besar kapasitas genset akan semakain besar kebutuhan bbmnya, oleh karena itu minimalkan hitungan kebutu

 

 

han aliran daya listrik anda jika listrik PLN padam, nyalakan yang perlu saja agar kapasitas genset tidak besar, harga juga tidak mahal serta operasional untuk bbm juga tidak terlalu mahal.

 

 

JANGAN LUPA TANYAKAN DAN KETAHUI sistem penyambungan unit genset ke instalasi listrik rumah anda, jika salah maka akan berakibat unit genset yang anda beli akan rusak lebih dari itu juga akan berakibat rusaknya alat-alat elektronik anda, karena ada unit genset yang membutuhkan satu tambahan alat “stabilizer” juga semacam relay untuk menyambungkan ke instalasi listrik rumah dan ada juga unit genset yang langsung dapat disambungkan ke instalasi listrik rumah anda secara langsung.

 

Dan yang terakhir kami sangat menyarankan untuk pembelian unit genset sebaiknya tidak menggunakan pembelian dengan sistem online, gunakan tanya jawab dengan penjual tentang ketangguhan, kelebihan produk, efisien biaya pengoperasian dan yang terakhir adalah masa jaminan garansi, tak ada salahnya sharing dengan tetangga dan teman yang telah menggunakan unit genset (merk tertentu) sharing kelebihan kemampuan dan harganya jika perlu, oya tentang perawatanya.

 

Yang jelas penempatan genset yang baik adalah; jangan terkena air hujan maka tempatkan genset pada tempat ternaung, tempatkan genset diluar ruang rumah karena hasil gas buang pembakaran mesin genset dalam bentuk CO yang mengganggu pernapasan kita, cek secara berkala unit genset anda tentang ketersediaan isi bbm (bila perlu sediakan cadangan isi bbm dirumah) dan bersihkan jika ada kotoran debu yang menempel.

 

Materi Gambar hanya ilustrasi

 

 

Sejati Teknik

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us