Integrasikan Transportasi ke Bandara Ahmad Yani, Pemkot Semarang Akan Bangun LRT

Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, memastikan akan membangun Light Rail Transit ( LRT) dalam rangka integrasi moda transportasi massal perkotaan, yang juga terhubung langsung dengan Bandara Ahmad Yani.

Rencananya, infrastruktur LRT akan dibangun dengan total sembilan koridor. "Koridor pertama yang akan dibangun yaitu Koridor 9 atau disebut sebagai Koridor LRT Wisata Tahap 1 dengan rute Bandara Ahmad Yani-Madukoro-Pasarbulu, dengan panjang lintasan 5,9 kilometer," kata Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti atau Ita, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (1/9/2018).

Ita mengungkapkan hal tersebut ketika berkunjung ke kantor pusat PT Angkasa Pura I di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (31/8/2018) kemarin. Pertimbangan utama Pemkot Semarang membangun LRT adalah, potensi wisatawan yang diperkirakan tumbuh signifikan sejalan dengan tambahan kapasitas Bandara Ahmad Yani melalui tambahan gedung terminal yang baru diresmikan belum lama ini. Pembangunan LRT akan dimasukkan dalam target jangka menengah.

Untuk target jangka pendek, Pemkot Semarang akan mengintegrasikan moda transportasi darat dengan Bandara Ahmad Yani berupa Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. "Saat ini sudah ada BRT Trans Semarang rute Bandara Ahmad Yani-Simpang Lima. Kami akan memaksimalkan BRT di bandara dengan membangun shelter BRT transit point di Bandara Ahmad Yani.

Diharapkan dalam waktu dekat shelter ini dapat dibangun," tutur Ita. Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP I Devy W Suradji mengungkapkan, rencana pembangunan oleh Pemkot Semarang sejalan dengan proyeksi pengembangan Bandara Ahmad Yani oleh pihaknya.

Dengan infrastruktur kota yang mendukung, wisatawan dari berbagai tempat akan tertarik datang ke Jawa Tengah melalui Semarang, sehingga mendongkrak ekonomi sektor pariwisata. "Kami mendorong agar Semarang tidak hanya jadi end destination, tapi juga sebagai hub menuju destinasi wisata berbagai daerah di sekitar Semarang dan Jawa Tengah. Oleh karena itu, pengembangan bandara harus diiringi dengan pengembangan kota yang bisa memfasilitasi wisatawan," ujar Devy.

#LRTSemarang #lrtbandarasemarang #LRTBandaraAYani

Recent Posts
Archive