Please reload

Recent Posts

Anggaran Infrastruktur 2019 Naik Jadi Rp420,5 Triliun

18 Aug 2018

Pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak hanya akan meningkatkan pembangunaan sumber daya manusia, namun juga tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur. Dalam penyampaian Rancangan Anggaran

 

Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019, alokasi anggaran infrastruktur diupayakan naik menjadi Rp420,5 triliun. 

 

Demikian ungkap Presiden Jokowi dalam Pidato Tahunan di Senayan. "Di tahun 2014 hanya sekitar Rp154,7 triliun dan ditingkatkan menjadi Rp256,1 triliun di awal Kabinet Kerja pada tahun 2015," ujar Jokowi di gedung parlemen, Jakarta, Kamis 16 Agustus 2018.

 

Menurut Presiden, pembangunan infrastruktur ini memperkuat konektivitas, menyambungkan berbagai potensi ekonomi di seluruh Indonesia. Selain itu, untuk memeratakan pembangunan dan menumbuhkan kegiatan ekonomi baru. 

 

Pemerintah melalui pembangunan infrastruktur ini juga ingin meningkatkan distribusi barang dan jasa, yang hasil akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengurangan kemiskinan dan pengangguran, serta pengurangan ketimpangan.

Sejak 2015 hingga sekarang, pemerintah telah membangun jalan, rekonstruksi, dan pelebaran jalan nasional sepanjang 12.783 kilometer, 11 bandara baru, dan dari 2016 hingga 2017 sudah dibangun sekitar 369 kilometer spoor rel kereta. 

 

"Kita juga telah memberikan penjaminan pada program pembangunan infrastruktur energi prioritas, seperti pembangunan pembangkit tenaga listrik 10.000 MW tahap I," tutur Presiden. 

Infrastruktur digital berupa akses internet di daerah nonkomersial dan broadband di desa dilakukan. Selain melakukan penjaminan program penyediaan air minum kepada 11 PDAM, serta penjaminan program kerja sama pemerintah dengan badan usaha

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us