Please reload

Recent Posts

Alun-alun Semarang segera Dibangun

3 Aug 2018

Alun-alun Semarang yang bertahun-tahun rusak menjadi Pasar Yaik di kompleks Pasar Johar, segera diratakan dengan tanah untuk dilakukan pembangunan.

 

Dinas Tata Ruang(Distaru) Kota Semarang menyatakan segera mengembalikan tempat tersebut sebagaimana fungsi semula yakni menjadi Alun-alun Semarang. Para pedagang yang sebelumnya menempati Pasar Yaik saat ini telah dipindahkan tempat relokasi Tahap II di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

 

Proses lelang telah dilakukan, sehingga dalam waktu dekat pembangunan bisa segera dimulai. “Lelang sudah selesai. Rencana minggu depan, pembangunan Alun-alun sudah bisa dimulai,” kata Sekretaris Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Semarang, Irwansyah.

 

Berdasarkan Detail Engineering Design (DED) Alun-alun menggunakan luas kurang lebih 10.000 meter persegi. Di bawah alun-alun, terdapat lorong bangunan bawah tanah sebagian digunakan untuk kantong parkir dan sebagian lagi digunakan untuk pedagang.

 

Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi mengatakan proyek pembangunan di Kota Semarang perlu mendapat pengawasan secara berkelanjutan. Hingga pertengahan 2018, beberapa pembangunan besar terindikasi mandek. Salah satunya pembangunan Pasar Johar Cagar Budaya dan Pasar Kanjengan.

 

“Secara umum, pembangunan di Kota Semarang sangat luar biasa signifikan. Tetapi di lain sisi perlu mendapat pengawasan bersama-sama. Misalnya pembangunan Pasar Johar, selama ini telah mulai dibangun. Tetapi mengapa tahun ini malah mandek?” katanya.

 

Sesuai rencana awal, total pembangunan Pasar Johar diperkirakan membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 750 miliar secara multiyears. Tahap awal, Pemkot Semarang menyediakan Rp 50 miliar. Sedangkan anggaran selanjutnya nanti akan mengandalkan bantuan dari pemerintah pusat.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us