Please reload

Recent Posts

Tips bekerja di bulan puasa untuk pekerja konstruksi

19 May 2018

 Bulan ramadhan merupakan bulan sangat mulia bagi umat islam di seluruh penjuru dunia dan menjalankan ibadah puasa ini merupakan kewajiban umat islam yang sesuai syarat untuk berpusa. Kita sebagai pekerja di bidang konstruksi yang beragama islam, tentunya juga diwajibkan berpuasa. Puasa merupakan ibadah yang melarang makan dan minum serta hal membatalkan lainnya mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

 

Berpuasa sekaligus menjadi pekerja di proyek konstruksi, tentunya memiliki tantangan tersendiri. Hal ini karena bekerja sebagai pekerja proyek terkadang memiliki ritme kerja yang berat (berdasarkan pengalaman admin). Oleh karena itu, diperlukan suatu cara menjaga kondisi tubuh saat bekerja di bulan puasa.

 

Berikut tips bekerja di bulan puasa bagi pekerja proyek konstruksi antara lain:

 

 

Tetapkan Niat dengan Kuat

Yang pertama harus Anda tetapkan sedari awal ialah niat. Mantapkan hati Anda untuk menjalankan puasa dengan sungguh-sungguh dan semata-mata meminta keridhaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seberat apa pun godaan dan rintangan yang bakal ditemukan, Anda yakin bahwa Anda bisa dan mampu mengatasinya. Ingat, hukum puasa adalah wajib dan tidak bisa diganti dengan bentuk ibadah lain jika Anda tidak benar-benar tengah berhalangan.

 

Konsumsi Protein saat Sahur

Protein adalah nutrisi yang dicerna oleh tubuh dalam waktu yang relatif lambat. Protein juga dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan produksi glukosa. Protein juga dapat mendukung pertumbuhan sel-sel yang baru. Maksimalkan konsumsi protein Anda terutama pada saat sahur agar badan tidak cepat merasa lelah, lesu, lemah, letih, dan lunglai. Protein paling bagus terdapat pada putih telur. Anda bisa mengukus putih telur tersebut agar kandungan nutrisinya terjaga dengan baik.

 

Kurangi Makan Karbohidrat

Sebagai orang Indonesia, tentunya kita belum makan kalau tidak ada nasi. Memang benar, nasi terasa mengenyangkan sekali. Namun perasaan tersebut hanya akan berlangsung dengan cepat, lalu sebentar saja akan berubah menjadi lapar. Hal ini disebabkan karbohidrat yang tersimpan di dalam nasi mudah dicerna oleh tubuh kita. Sebisa mungkin minimalkan konsumsi nasi dan maksimalkan konsumsi protein, vitamin, dan mineral agar daya tahan tubuh Anda tetap terjaga.

 

Tidak Ada Salahnya Meminum Suplemen

Saat ini, tersedia begitu banyak produk suplemen yang dapat ditemukan dengan mudah. Khasiat dari suplemen tersebut terbukti sanggup meningkatkan tenaga kita sehari-hari. So, tidak ada salahnya Anda menyisihkan uang berlebih untuk membeli suplemen-suplemen ini. Toh ini semua dimaksudkan untuk menjaga energi Anda yang tidak terisi bahan makanan selama lebih dari 12 jam.

 

Kerjakan Sahur di Akhir dan Sesegerakan Berbuka

Salah satu sunah bagi orang yang sedang berpuasa adalah melaksanakan sahur ketika akhir waktu alias mendekati datangnya imsak. Serta menyegerakan berbuka, terutama pada saat bedug maghrib berkumandang. Dengan memakan menu sahur pada detik-detik terakhis berarti Anda memiliki waktu yang lebih sedikit untuk menahan lapar dan dahaga dibandingkan dengan mereka yang bersantap sahur pada jam 1-3 dini hari atau bahkan tidak memakan sahur sama sekali. Begitu pula jika Anda menyegerakan waktu berbuka, niscaya sistem pencernaan Anda akan terkontrol dengan baik serta terhindar dari bahaya dehidrasi dan kelaparan.

 

 

Disiplin Ketika Bekerja

Yang dimaksud disiplin ketika bekerja ialah menjalankan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Kalau waktunya untuk bekerja, Anda seharusnya bekerja semaksimal mungkin dan tidak bersenda gurau. Sama halnya pula jika sudah tiba saatnya waktu istirahat, Anda harus menggunakannya untuk beristirahat dan melepas kepenatan. Jangan pernah mengerjakan perbuatan yang sia-sia dan hanya menimbulkan perasaan lelah yang semakin tinggi.

 

 

 

 

  

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us