© 2020 by Sejati Teknik

All Rights Reserved.

Please reload

Recent Posts

Tol PasPro Belum Siap untuk Jalur Mudik Lebaran 2018

26 Apr 2018

Pembangunan tol Pasuruan-Probolinggo (PasPro) sesi 1-3 tampaknya tidak bisa digunakan arus mudik lebaran tahun 2018. Pasalnya pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Jawa ini masih 70-80 persen tahap pengerjaannya.

Jika dipaksakan selesai, akan berisiko terhadap keselamatan pengguna jalan tol. Sebab jalur tol tersebut belum ada kelengkapan konstruksi pendukung lainnya. Seperti penerangan jalan dan juga rambu lalu lintas. Bahkan dari jalan tol belum juga tersambung secara utuh.

 

"Penerangan jalan tol dan marka jalan belum terpasang. Kalau ini dipaksakan untuk arus mudik lebaran, akan berisiko tinggi terhadap keselamatan penguna jalan tol," kata General Manager PT Waskita Karya Sutiman kepada wartawan di lokasi, Kamis (26/4/2018).

 

Saat ini, jelas dia, jalan tol PasPro dalam proses pengerjaan. Di antaranya pekerjaan tanah, Aggregat atau material, Lean Concrete dan Rigid Pavement. Jalan tol sesi 1-3 ini memiliki panjang kurang lebih 31,1 Km. Dimulai dari simpang susun Grati Pasuruan hingga Leces, Kabupaten Probolinggo.
 

Dia menjelaskan, pengerjaan tol PasPro sesuai dengan kontrak kerja awal selesai Desember 2018 mendatang. Pihaknya akan menggenjot penyelesaian pembangunannya. "Kami juga terkendala cuaca beberapa waktu lalu. Sehingga perlu menyesuaikan diri termasuk melihat arus angin dan kecepatan dalam pembanguan proyek termasuk mempertimbangkan keselamatan para pekerja," jelasnya

Sementara Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementrian PUPR pembanguan tol PasPro, Agus Minarno menambahkan dengan melihat pengerjaan pembangunan tol PasPro, secara otomatis tol tidak bisa dilintasi untuk arus mudik lebaran tahun 2018 ini.

 

"Secara otomatis tol tidak bisa diresmikan pada 29 mendatang yang rencananya diresmikan Presiden Jokowi. Sebab selama ini pembagunan kontruksi tol belum rampung total, termasuk belum dilengkapi lampu penerangan. Secara otomatis peresmian jalan tol paling cepat sekitar Oktober mendatang," tegas pria kelahiran kota Garam Madura ini.
 

Sedangkan untuk proses pembagunan tol paspro sesi 4, kata Agus, sudah melakukan sosialisasi publik jalan tol terhadap lahan yang akan dilalui pembangunan tol sesi empat dari Leces-Gending

 

"Saat ini masih tetap pembebasan lahan, maka selepas acara itu, maka pembanguan tol sesi 4 akan dilakukan. Sebab pada Desember mendatang tol PasPro harus rampung total," tegasnya. 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us